Halaman Utama Cari Uang Tempat Download
Google Yahoo Facebook Youtube Kompas Detik Okezone TVRI TVOne MetroTV SCTV RCTI Indosiar AnTV GlobalTV TPI TransTV Trans7

Mencegah Kejahatan Internet Banking

Dulu, ketika kita hendak mengecek rekening atau melakukan transaksi kita harus melakukannya dengan datang ke bank atau mengeceknya dari mesin ATM. Kini, dengan kehadiran internet banking dan sms banking semuanya bisa dilakukan dengan mudah, kapanpun dan dimanapun bisa dilakukan sesuka Anda. Pengecekan saldo, transfer, pembayaran tagihan telpon, listrik dan masih banyak lagi bisa dilakukan tanpa harus mendatangi bank dan mesin ATM. Kemudahan-kemudahan tersebut memang memberikan keuntungan bagi user yang mobilitasnya tinggi. Kecanggihan teknologi perbankan ini diikuti juga dengan tindak kejahatan yang mengikutinya. Walaupun tindak kejahatan internet banking di Indonesia tidak terlalu besar dibandingkan di negara luar, tetapi hal ini lambat laun bisa menjadi masalah besar yang mengancam.

Ada sebuah ungkapan bijak “Kejahatan bisa dicegah” memang demikian adanya, jika kita tidak ingin menjadi korban kejahatan internet banking maka kita harus mawas diri dan berhati-hati. Berikut cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah kejahatan internet banking.

Cek URL Situs

Salah satu cara yang digunakan oleh penjahat cyber adalah dengan memalsukan alamat situs yang mirip, seperti klickbca, clickbca, klikebca. Untuk itu, ketika Anda mengetikkan alamat situs yang bersangkutan harus mengetikannya dengan benar.

Ciri Internet Banking

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengenali situs tersebut internet banking adalah di awal URL akan menggunakan protokol https. Selain itu, pada address bar juga akan ditandai dengan ikon gembok. Ikon gembok tersebut bukan sembarang ikon sebab jika kita klik dua kali maka akan menampilkan SSL yang menandakan bahwa situ situ benar-benar secure.

Jangan meninggalkan komputer saat sedang mengakses

Ketika Anda sedang mengakses internet banking atau transaksi apapun, biasakanlah untuk logout atau mematikan koneksi internet jika diperlukan, apabila Anda hendak meninggalkan komputer dalam waktu yang lama. Perlu Anda ketahui, kejahatan internet bukan saja dilakukan oleh orang jauh, tetapi bisa saja oleh orang dekat yang tidak Anda duga sebelumnya.

Hapus temporary internet files

Didalam temporary internet files tersimpan banyak sekali jejak-jejak dari situs yang pernah Anda kunjungi, didalamnya tentunya tersimpan juga berbagai informasi penting yang sempat terekam. Sebagai pencegahan, segeralah hapus temporary internet file secara tuntas.

Mengganti password secara berkala

Jika Anda menganggap password yanga ada sudah tidak aman, segeralah menggantinya dengan password yang baru. Buatlah password yang tidak mudah ditebak orang lain, jangan gunakan password yang berhubungan dengan profil Anda dan bisa menggunakan kombinasi hurup, angka serta karakter khusus.

Akses dari situs utama

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kejahatan internet banking adalah dengan mengunjungi situs utama bank tersebut. Misalnya saja, www.bni.co.id. Mengapa demikian? Hal ini bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya direct link atau pengalihan alamat link dari alamat utamanya.

Jangan sembarang menerima email

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk melakukan kejahatan internet banking adalah dengan mengirimkan email ‘aspal’(asli tapi palsu). Si korban biasanya menerima email yang menyatakan bahwa ia mendapatkan undiah berhadiah, sebagai persyaratan Anda biasanya disuruh untuk mengklik link yang diberikan. Padahal Anda tidak menyadari bahwa link yang diberikan tidak sesuai atau link yang palsu.

Lakukan Cek Domain

Jika perlu, Anda juga bisa melakukan cek domain pada nama situs yang Anda anggap mencurigakan atau mirip dengan nama situs yang asli, misalnya saja Anda membandingkan dua nama domain, yaitu https://ibank.bni.co.id/ dengan http://lbank.bni.co.id. Untuk mengceknya, Anda bisa menggunakan layanan cek domain dari www.namadomain.com/cek_domain.php.

Biasakan untuk Logout

Salah satu hal yang dianggap sepele tapi sebenarnya penting, selalu biasakan untuk logout agar Anda bisa keluar dari account secara aman. Namun ada beberapa situs yang memiliki kemampuan untuk melakukan login ulang jika si user tidak mengakses.

Source from (my book: Teknik Menangkal Kejahatan Internet untuk Pemula-EMK)

Postingan Yang Berhubungan



 
Kategori:

Posting Komentar