Halaman Utama Cari Uang Tempat Download
Google Yahoo Facebook Youtube Kompas Detik Okezone TVRI TVOne MetroTV SCTV RCTI Indosiar AnTV GlobalTV TPI TransTV Trans7

'Bajak' Google, Penjahat Cyber Raup Uang

Penjahat cyber menemukan cara untuk meraup uang dengan 'membajak' hasil pencarian pada situs Google. Situs jahat bukan satu-satunya yang harus dihindari.

Symantec menemukan hal yang mengesalkan pada penyebaran program jahat dengan nama alias Gumblar. Program jahat ini diketahui menginfeksi pengguna internet dan bisa membajak hasil pencarian di Google pada komputer yang terinfeksi.

Seperti dikutip detikINET dari keterangan tertulis Symantec, Selasa (26/5/2009), para penjahat cyber rupanya berhasil meraup uang dari aksinya tersebut. Beberapa hasil pencarian yang dibajak disebutkan mengandung iklan yang akan mengalirkan dana ke pund-pundi penjahat cyber bila dikunjungi.

Modus operandi Gumblar memang cukup mengesalkan. Setelah menginfeksi komputer pengguna, ia bisa mengubah hasil pencarian di Google yang dilakukan korbannya sehingga pencarian sungguhan bisa diarahkan ke situs jahat atau palsu.

Ronnie Ng, Manager, System Engineering, Indonesia, Symantec, mengatakan penyebaran malware tak melulu terjadi dari situs jahat. Pada 2008 Symantec menemukan serangan web dari 808.000 alamat web yang banyak di antaranya merupakan situs web umum seperti situs berita, travel, toko online, game dan lainnya.

Oleh karena itu Ronnie menyarankan pengguna komputer untuk selalu menjaga agar software keamanan senantiasa ter-update. "Norton Internet Security 2009 misalnya memberikan pulse update setiap 5 hingga 15 menit untuk mendeteksi dan menghilangkan ancaman-ancaman baru," tuturnya.

Ia juga berharap pengguna bisa selalu berhati-hati bahkan saat mengunjungi situs yang 'normal'. Salah satu upaya Norton membantu pengguna dalam hal ini, tukasnya, adalah melalui fitur Norton Safe Web.

Sumber : detikInet.com

Postingan Yang Berhubungan



 
Kategori:
1 Comments Make A Comment

Posting Komentar