Halaman Utama Cari Uang Tempat Download
Google Yahoo Facebook Youtube Kompas Detik Okezone TVRI TVOne MetroTV SCTV RCTI Indosiar AnTV GlobalTV TPI TransTV Trans7

Penipuan Lewat SMS Kembali Marak

Beberapa waktu terakhir penipuan melalui pesan singkat (SMS) dilaporkan kembali marak. Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) pun sampai turun tangan dan menghimbau agar masyarakat tidak mempercayai begitu saja kiriman SMS yang mengatakan bahwa Anda baru memenangkan suatu hadiah.

Para pelaku biasanya mengaku sebagai operator telekomunikasi dan memberitahukan melalui SMS bahwa pengguna baru mendapatkan suatu hadiah. Mulai dari yang berupa mobil mewah, ponsel sampai voucher/pulsa telepon.

"Hal itu karena ujung-ujungnya, konsumen yang menerima SMS itu justru akan menderita kerugian karena harus mengirimkan sejumlah dana ke pengirim SMS, baik dengan alasan untuk membayar Pajak Undian maupun biaya administrasi," tulis BRTI dalam keterangan tertulisnya yang dikutip detikINET, Senin (8/6/2009).

Untuk itu, pengguna seluler diminta waspada. Sebab, program undian gratis berhadiah yang dilakukan penyelenggara telekomunikasi tentu berbeda dengan SMS berkedok hadiah. Hal itu karena undian gratis berhadiah yang dilakukan para operator, pengundiannya dilakukan secara terbuka dan pemenang dapat diketahui secara luas dari situs resmi para operator maupun media massa.

"Untuk itu, jika konsumen mendapatkan SMS yang berisi bahwa konsumen mendapat hadiah, hendaknya segera diklarifikasi ke call center/customer care operator, dan bukan klarifikasi ke nomor pengirim SMS, mengingat meski dengan mencantumkan nama operator, pengirim menggunakan nomor pribadi yang mungkin saja bukan pihak yang berwenang memberitahukan nama-nama pemenang ataupun memang berniat mengelabui konsumen," jelas BRTI.

Selain itu, jika Anda mendapatkan SMS yang berindikasi penipuan, regulator membuka pintu pengaduan konsumen di nomor telepon 021-3154971 dan bisa juga melalui email ke info@brti.or.id untuk melaporkan nomor telepon pelaku agar segera dapat dilakukan pemblokiran terhadap nomor tersebut.

Sumber : detikInet.com

Postingan Yang Berhubungan



 
Kategori:
3 Comments Make A Comment
  • elmarzuqi Mengatakan :

    Iya nih, kalo saya dpt sms bgtuan blgnya krg gede hadiahnya gtu,jadi malu ndiri mas, hehehe.
    Ya hati2lah bgi smuanya agar jgn trgoda dg sms bgtu. brfikirlah dg jernih, klo memang dpt hadiah tdk cukup lwt sms,pastilah ada surat atu panggilan resmi dari pihak yg membri hadiah.
    Bewareok?

  • ria_adria Mengatakan :

    ak jg pernah dikirim sms kaya gtuh
    tp cuekin ajah
    tp babeQu tuh percaya aja klo ad sms kaya gtuh

  • seminar internet marketing Mengatakan :

    dulu sempet percaya kalo dpt sms yg nawarin duit puluhan juta. alhamdulillah ngga sampe ketipu. Woy nyari duit yg halal napa :P

Posting Komentar