Halaman Utama Cari Uang Tempat Download
Google Yahoo Facebook Youtube Kompas Detik Okezone TVRI TVOne MetroTV SCTV RCTI Indosiar AnTV GlobalTV TPI TransTV Trans7

Mahadewa, Virus Jumbo Buatan Lokal

Umumnya, virus komputer memiliki ukuran kecil agar bisa menyusup dan menyebar ke berbagai tempat. Tidak demikian dengan virus buatan lokal yang dinamai Mahadewa.

Adang Jauhar Taufik, analis antivirus dari Vaksincom, mengungkap keberadaan Mahadewa dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Senin (8/6/2009). Virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman VBScript dan secara umum akan menginfeksi Internet Explorer.

Adang mengatakan virus yang banyak menyebar biasanya memiliki ukuran antara 22 kilobyte hingga 1 megabyte. Namun Mahadewa memiliki ukuran jumbo hingga 30 megabyte.

Berdasarkan ciri-ciri dan jejak yang ditinggalkan, virus tersebut diperkirakan dibuat oleh mahasiswa Universitas Budi Luhur (UBL).

Berikut adalah beberapa ciri-ciri Mahadewa yang disampaikan Vaksincom:

* Mengubah Judul internet Explorer menjadi 'MaHaDeWa Labkom UBL'
* Mengubah start page Internet Explorer menjadi http://webkom
* Mengubah nama komputer dan nama pemilik Windows menjadi:
* RegisteredOrganization = Your pc has been clean from Nita Virus by MaHaDeWa
* RegisteredOwner = MaHaDeWa
* Mengubah wallpaper Windows
* Menampilkan pesan 'pembuka' pada pengguna komputer


Di sisi lain, virus Mahadewa mencoba menghapus dampak dari virus lain yang bernama 'Nita'. Tidak jelas apakah memang motivasi Mahadewa adalah untuk menghapus virus Nita atau ada maksud lain.

"Ataukah antara Mahadewa dan Nita ini mempunyai hubungan 'khusus'? Karena jika kita lihat pada string yang dibuat maka akan membentuk kata-kata N Love You Forever, hanya mereka berdua yang tahu," ujar Adang.

Mahadewa diketahui menyebar melalui USB Flashdisk. Karena dibuat dengan VBScript, Mahadewa membutuhkan file bernama WSCript.exe yang berada di direktori 'Windows\System32\' dan 'Windows\system32\dllcache\'.

Sumber : detikInet.com

Postingan Yang Berhubungan



 
Kategori:

Posting Komentar